Contoh 40 Soal Pilgan PSPTKR untuk Kelas XI SMK
Pada artikel kali ini miminn akan bagikan informasi mengenai kumpulan soal-soal otomotif. Kebetulan yang akan mimin bahas kali ini adalah soal tentang mata pelajaran Pemeliharaan Chasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan. Berikut ini uraiannya:
I. Pilihlah satu jawaban yang paling benar, dengan memberikan tanda (X) pada huruf A, B, C, D, dan E dilembar jawaban yang tersedia!
1. Bagian kendaraan yang memutuskan dan menghubungkan putaran mesin ke transmisi adalah....
a. Kopling
b. Transmisi
c. Engine
d. Propeler
e. Differensial
2. Letak atau posisi komponen kopling itu diantara komponen....
a. Propeler dan differensial
b. Mesin dan propeler
c. Mesin dan differensial
d. Differensial dan transmisi
e. Mesin dan transmisi
3. Bagian kendaraan yang merubah momen dan kecepatan adalah....
a. Kopling
b. Transmisi
c. Engine
d. Propeler
e. Differensial
4. Posisi dari kopling diantara komponen....
a. Propeler dan differensial
b. Mesin dan propeler
c. Mesin dan differensial
d. Differensial dan transmisi
e. Mesin dan transmisi
5. Kelonggaran diantara gigi-gigi transmisi yang berlebihan menyebabkan....
a. Berunyi pada saat mundur
b. Berbunyi pada posisi maju semua gigi
c. Berbunyi pada saat terjadi perpindahan gigi
d. Keausan pada kampas kopling
e. Keausan pada clutch hub.
6. Gigi yang selalu berhuungan dan menggunakan gigi miring mempunyai kelemahan yaitu ....
a. Kurang dapat mencengkram dengan baik
b. Kurang bisa berfungsi sebagai gigi pemindah
c. Menimbulkan banyak suara
d. Pertautan gigi menjadi lebih luas
e. Pertautannya rumit
7. Rem merupakan bagian kendaraan yang sangat penting dalam mendukung aspek keamanan berkendara, maka rem harus memiliki sifat seperti di bawah ini, kecuali....
a. Dapat menghentikan kendaraan secepat mungkin
b. Dapat melaksanaan pengereman sesuai kehendak pengemudi
c. Rem harus pakem
d. Dapat melaksanakan pengereman sesuai kehendak penumpang
e. Penyetelan harus tepat
8. Fungsi rem tangan adalah seperti di bawah ini, kecuali....
a. Untuk memacetkan putaran roda (misal pada saat parkir)
b. Berfungsi juga sebagai rem cadangan (misal dalam perjalanan rem kaki tidak berfungsi)
c. Menahan kendaraan pada saat berhenti di tanjakan
d. Menahan kendaraan pada saat berhenti di jalan menurun
e. Bisa juga difungsikan sebagai rem utama (misal dalam perjalanan rem kaki berfungsi)
9. Pada saat pengereman perlu menekan pedal rem berulang-ulang karena ada udara palsu. Untuk perbaikannya perlu dilakukan....
a. Bleeding
b. Penggantian seal rem
c. Penggantian pad
d. Penggantian minyak rem
e. Penyetelan dudukan pad
10. Kerugian yang paling dominan apabila kendaraan tidak dilengkapi dengan differensial adalah....
a. Menimbulkan bunyi pada gardan
b. Keausan ban tidak merata
c. Saat berbelok tidak stabil
d. Roda gigi cepat aus
e. Gigi ring lambat memindahkan tenaga
11. Bagian yang berfungsi menghubungkan putaran dari differensial ke roda adalah....
a. Poros propeler
b. Poros primer
c. Poros penggerak roda
d. Drive pinion
e. Poros engkol
12. Fungsi dari sambungan cross joint pada propeler 1 adalah ....
a. Untuk meneruskan putaran dengan sudut yang bervariasi pada batas-batas tertentu
b. Untuk meneruskan putaran dengan sudut yang terbatas pada batas-batas bervariasi
c. Untuk meneruskan sudut dengan putaran yang bervariasi pada batas tertentu
d. Untuk meneruskan sudut dengan putaran yang tertentu pada batas-batas bervariasi
e. Untuk meneruskan putaran dengan sudut yang bervariasi pada batas-batas tak terhingga
13. Kerusakan yang terjadi pada plat kopling akibat keausan yang terjadi akan menyebabkan ....
a. Pemakaian bahan bakar lebih hemat
b. Tenaga mesin berkurang
c. Getaran pada bodi kendaraan
d. Timbulnya suara abnormal
e. Putaran mesin tidak stabil
14. Tongkat pemindah gigi transmisi bergetar, hal ini disebabkan oleh....
a. Bushing tongkat pemindah gigi longgar
b. Gigi percepatan 4 aus
c. Counter gear aus
d. Shifting key aus
e. Kopling tidak bebas
15. Untuk membongkar differensial, langkah pertama yang dilakukan adalah ....
a. Melepas poros propeler
b. Melepas poros axle
c. Melepas roda kiri dan kanan
d. Melepas poros roda
e. Melepas flens
16. Fungsi suspensi yang paling tepat adalah seperti di bawah ini....
a. Menghantarkan gerakan roda dari kendaraan ke jalan
b. Mengabsorsi dan meredam getaran bodi akibat kondisi jalan
c. Meredam getaran bodi kendaraan akibat putaran mesin
d. Mengabsorsi dan meredam getaran bodi akibat tiupan angin
e. Supaya kendaraan yang dikendarai dapat berjalan dengan maju dan mundur sehingga kenyamanan dan keamanan terjamin
17. Saat terjadi pengereman, roda kanan depan terdengar suara benturan, kemungkinan kerusakannya adalah ....
a. Stabilizer bengkok
b. Strut bar bengkok
c. Ball joint kocak
d. Pegas lemah
e. Lower arm retak
18. Untuk mencegah atau mengurangi kecenderungan kendaraan melayang pada saat belok diperlukan ....
a. Shock absorber
b. Strut bar
c. Lower arm
d. Stabilizer
e. Pegas coil
19. Propeler shaft berfungsi untuk ....
a. Meneruskan putaran differensial
b. Meneruskan putaran mesin ke roda
c. Meneruskan putaran transmisi ke roda
d. Meneruskan putaran transmisi ke differensial
e. Meneruskan putaran mesin ke differensial
20. Untuk meredam getaran pegas yang berlebihan setelah mobil melintasi gundukan permukaan jalan, sebuah kendaraan memerlukan ....
a. Shock absorber
b. Strut bar
c. Lower arm
d. Stabillizer
e. Pegas coil
21. Untuk meredam kejutan dari jalan dan getaran roda-roda agar tidak diteruskan ke bodi kendaraan diperlukan ....
a. Shockbeaker
b. Strut bar
c. Lower arm
d. Stabillizer
e. Pegas coil
22. Saat perpindahan gigi terdengar suara abnormal pada transmisi kemungkinan kerusakannya adalah ....
a. Poros transmisi aus
b. Garpu perpindahan aus
c. Gigi percepatan aus
d. Cincin syncromesh aus
e. Clucth hub aus
23. Vernier caliper digunakan untuk mengukur ....
a. Diameter luar, kedalaman, panjang
b. Diameter luar, diameter dalam, tebal
c. Diameter dalam, kedalaman, panjang
d. Diameter dalam, diameter luar, kedalaman
e. Diameter luar dan diameter dalam
24. Berapakah hasil pengukuran dari micrometer di bawah ini ....
a. 5,46 mm
b. 5,04 mm
c. 4,98 mm
d. 5,00 mm
e. 5,35 mm
25. Alat ukur yang digunakan dalam pengukuran pada gambar di bawah ini adalah ....

a. Micrometer
b. Vernier caliper
c. Dial gauge
d. Mistar baja
e. Bore gauge
26. Pada soal nomor 25 di atas, komponen yang diukur adalah ....
a. Differensial
b. Gardan
c. Propeler
d. Kopling
e. Flywheel
27. Pemeriksaan secara visual atau pengamatan yang dapat dilakukan pada final drive atau gardan
adalah....
a. Keausan drive pinion
b. Kerusakan ring gear
c. Keausan bantalan
d. Suara akibat gesekan
e. Kebocoran oil seal
28. Prinsip kerja rem hidrolik yang ditunjukan pada gambar di bawah ini, apabila pedal rem diinjak maka ....

a. Tekanan pada rem tromol lebih besar dari pada rem piringan
b. Tekanan pada rem piringan lebih tinggi dari pada rem tromol
c. Tekanan pada rem tromol dan rem piringan sama
d. Tekanan pada master silinder lebih tinggi
e. Tekanan pada master silinder lebih rendah
29. Bila keausan telapak ban bagian tengah lebih banyak aus dari pada sisi (pinggir) ban, hal ini disebabkan oleh ....
a. Tekanan udara ban terlalu rendah dari spesifikasi
b. Tekanan udara ban terlalu tinggi dari spesifikasi
c. Penyetelan rem tidak sama kiri dan kanan
d. Sering membawa beban berat
e. Ban tidak balance
30. Bagian kendaraan yang berfungsi sebagai pemindah tenaga adalah ....
a. Kemudi
b. Differensial
c. Engine
d. Kopling
e. Transmisi
31. Bagian kendaraan yang berfungsi sebagai pengendali adalah ....
a. Kemudi
b. Differensial
c. Engine
d. Kopling
e. Transmisi
32. Bagian kendaraan yang berfungsi sebagai penggerak adalah ....
a. Kemudi
b. Differensial
c. Engine
d. Kopling
e. Transmisi
33. Unit Final Drive atau differensial berfungsi untuk, kecuali ....
a. Final reduction gear
b. Meningkatkan momen
c. Meningkatkan kecepatan putar dari transmisi
d. Merubah putaran dari propeler shaft ke axle shaft
e. Membedakan jumlah putaran roda kanan dan kiri sesuai dengan kondisi jalan
34. Sesuai dengan gambar di bawah pernyataan di bawah ini yang paling tepat adalah ....

a. RPM A tidak sama dengan B
b. RPM A sama dengan B
c. RPM A kurang dari B
d. RPM A lebih dari B
e. RPM A kurang dari sama dengan B
35. Dengan melihat gambar pada soal nomor 34, kendaraan bergerak ....
a. Maju
b. Mundur
c. Diam
d. Belok kiri
e. Belok kanan
36. Komponen ilustrasi pada nomor no 34 adalah ....
a. Transmisi
b. Differensial
c. Propeler
d. Kemudi
e. Kopling
37. Pemeriksaan yang dapat dilakukan secara visual atau pengamatan pada saat gardan terpasang pada kendaraan adalah ....
a. Suara yang timbul akibat gesekan
b. Keausan bantalan
c. Kebocoran oli akibat seal aus
d. Kerusakan ring gear
e. Tinggi minyak pelumas
38. Pengukuran pada final drive atau gardan yang tidak dapat dilakukan menggunakan DTI (Dial Test Indikator) adalah ....
a. Keausan bantalan
b. Run out ring gear
c. Back lash ring gear
d. Celah pinion gear terhadap ring gear
e. Celah planetary gear
39. Diketahui jumlah gigi pada gear A adalah 8 gigi, dan gear B mempunyai 16 gigi. Jika input mempunyai 3000 RPM, berapa putaran outputnya pada roda gigi B?
a. 1000 RPM
b. 1250 RPM
c. 1500 RPM
d. 1750 RPM
e. 2000 RPM
40. Dari soal no. 39 putaran roda gigi B akan ... dengan putaran roda gigi A.
a. Sama
b. Diam
c. Lebih cepat
d. Lebih pelan
e. Terkadang sama terkadang diam
Demikian merupakan contoh 40 soal pemeliharaan chasis kendaraan ringan. Semoga soal ini bisa menjadi referensi untuk pengajar dan juga bisa menjadi bahan belajar bagi siswa. Terimakasih sudah mampir di blog yang sederhana ini. Kurang lebihnya mohon maaf jika ada kesalahan.
Posting Komentar untuk "Contoh 40 Soal Pilgan PSPTKR untuk Kelas XI SMK"