Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

100 Soal PMKR Kelas XI dan Jawabannya

CONTOH SOAL LATIHAN KELAS XI PMKR

 

1.      Pembakaran didalam silinder akan dikatakan baik apabila :   

A.    Kadar CO2 tinggi dan kadar CO rendah.   

B.     Kadar CO dan CO2 dalam gas buang tinggi   

C.     Kadar CO dan O2 dalam gas buang tinggi

D.    Kadar CO dan CO2 dalam gas buang rendah

E.     Kadar CO dan O2 dalam gas buang rendah

2.      Kadar HC tinggi pada gas buang kendaraan , disebabkan karena   
A. Pembakaran yang tidak baik/sempurna   
B. Campuran yang terlalu kurus   
C. Campuran bahan bakar dan udara yang miskin   
D. Lamda yang besar
E. Lamda normal

 

3.      Unsur kimia dalam gas buang yang paling beracun / berbahaya adalah :   
A. Unsur CO dan HC   
B. Unsur CO2 dan CO   
C. Unsur CO2 dan O2   
D. Unsur O2 dan HC
E. UNSUR N dan O   

 

4.      Dari pernyataan berikut mengenai emission kendaraan pilih satu yang benar ?   
A. Unsur utama gas yang menguap dari fuel tank adalah HC   
B. Unsur utama blow-by gas adalah CO.   
C. Unsur utama blow-by gas adalah NOx   
D. Unsur utama gas yang menguap dari fuel tank adalah CO
E. Unsur utama blow-by gas adalah CO2

 

5.      Dari pernyataan pernyataan dibawah ini, manakah yang benar mengenai arti perbandingan udara bahan bakar 15 : 1 ?     
A. Perbandingan 15 Kg udara terhadap 1 Kg Bahan Bakar   
B. Perbandingan 15 cc udara terhadap 1 cc Bahan bakar   
C. Perbandingan 15 cm3 udara terhadap 1 cm3 Bahan bakar   
D. Perbandingan 15 cm udara terhadap 1 cm bahan Bakar
E. Perbandingan 15 ml udara terhadap 1 ml Bahan bakar

 

6.      Knock sensor yang terpasang pada blok mesin akan mengatur…….. pada Sistem Manajemen Mesin.   
A. Timing Ignition   
B. Timing Injection    
C. Waktu pembukaan katup   
D. Nilai Oktan Bahan Bakar
E. Timing Belt

 

7.      Pada mesin bensin dengan sistem  Engine manajemen system, yang mengatur putaran stasioner (idle) ádalah:   
A. Intake air temperatura sensor   
B. Manifold absolut pressure sensor   
C. Idle actuator control   
D. Speed sensor
E. VSS

 

8.      Pernyataan di bawah ini tentang Air flow sensor  pada sistem Engine manajemen   
A. Mengkalkulasi jumlah udara  yang masuk kedalam intake manifold
B. Berfungsi sebagai penyaring udara sebelum masuk manipol   
C. Memberi input data pada vacuum sensor   
D. Digunakan sebagai pengatur bahan bakar saat putaran tinggi
E. Menghitung tekanan udara masuk

 

9.      Fuel Pressure Regulator berfungsi :   
A. Mengatur tekanan bahan bakar  pada delivery Pipe (fuel rail)   
B. Mengatur tekanan bahan bakar pada tangki bensin   
C. Pemasok bensin pada injektor   
D. Memanaskan bensin sebelum disemprotkan oleh injector
E. Mengatur tekanan bahan bakar pada saringan bensin

 

10.  Input utama ECU dalam menentukan jumlah semprotan bensin (Basic injection) pada injektor adalah:   
A. Temperatur sensor dengan Engine speed (Rpm) sensor   
B. Throttle Position Sensor dan vacuum sensor   
C. Intake air temperatur sensor dan Air flow  sensor   
D. Air flow sensor dan Engine speed sensor
E. Semua sensor

 

11.  Fungsi utama ECU pada sistem Engine manajemen :   
A. Mengatur jumlah bahan bakar dan waktu penyemprotan   
B. Mengatur jumlah injeksi dan mengontrol sensor   
C. Mengontrol bahan bakar dan sensor   
D. Mengatur speed engine dan mengontrol sensor
E. Mengontrol laju kendaraan

 

12.  Bila Check Engine menyala saat mesin hidup menunjukkan bahwa :   
A. Terjadi gangguan pada salah satu sensor   
B. Terjadi gangguan pada sistem bahan bakar   
C. Terjadi gangguan pada main relay   
D. Terjadi gangguan pada sumber arus ke ECU
E. Terjadi gangguan pada engine

 

13.  Komponen apa yang perlu diperiksa pertama jika mesin tidak mau hidup saat distart?   
A. Ne sensor / CKP sensor / Cam shaft Position sensor   
B. Water temperatur sensor   
C. Air temperatur sensor   
D. Throttle Position Sensor
E. KNK sensor

 

14.  Banyak sedikitnya Volume penyemprotan bensin oleh injektor kedalam intake manifold akan diatur oleh ECU dengan cara :   
A. Mengatur lamanya aliran listrik yang mengalir pada injektor   
B. Menambah tegangan listrik pada injektor   
C. Mengalirkan aliran listrik secara terus menerus ke injektor   
D. Tergantung pada nilai oktan bensin yang digunakan
E. Tergantung pada laporan KNK sensor

 

15.  Mobil  HYBRID adalah mobil yang sumber penggeraknya dilakukan oleh
A. Motor diesel commonrail dan Motol listrk
B. Mesin bensin   
C. Mesin Diesel
D. Motor listrik
E. Motor bensin dan motor diesel

 

16.  Saat melakukan overhaul (OH) engine, dilakukan pemeriksaan kepala silinder. Hasil pengukuran menunjukan kepala silinder mengalami distorsi, kondisi dapat disebabkan karena ….
A. System pendingin bocor
B. Pengencangan kepala silinder tidak rata
C. System pelumas tidak lancer
D. Mesin terlalu lama dihidupkan saat idle
E. Penggunaan coolant system pendingin tidak tepat

 

17.  Berikut adalah gambar system aliran bahan bakar injeksi, komponen no. 1,4, 7 adalah ….
A. Pressure regulator, Pompa bensin, Injektor
B. Pressure regulator, injektor, pompa bensin
C. Saluran kembali, pompa bensin, injector
D. Saringan bahan bakar, saluran kembali, injector
E. Injektor, pompa bensin, pressure regulator

 

18.  Mesin sulit dihidupkan, setelah diperiksa ternyata percikan api di busi sangat kecil. Kemungkinan gangguannya adalah ….

A. Firing order salah
B. Sudut dwell diatas nilai spesifikasi
C. Sudut dwell dibawah nilai spesifikasi
D. Busi mati
E. Sekring putus

 

19.  Pada kendaraan yang menggunakan system pengapian elektronik, saat pengapian selalu berubah ubah padahal putaran mesin relative tetap. Kemungkinan gangguan pada system pengapian adalah ….
A. Rotor signal kocak (longgar)
B. Governor advance macet
C. Vacuum advance macet
D. Modul igniter rusak
E. Pick up coil rusak

 

20.  Kendaraan dengan system injeksi, tenaga dan putaran mesin tidak stabil. Kemungkinan gangguannya adalah ….
A. Injector kotor
B. MAF rusak
C. ECT rusak
D. CKP rusak
E. Main relay rusak

 

21.  Kendaraan dengan system injeksi, saat distarter bisa langsung hidup beberapa saat, kemudian mati dan pada saat distarter kembali tidak bisa hidup. Kemungkinan penyebabnya adalah ….
A. Pompa injeksi rusak
B. Oxygen sensor rusak
C. Injector kotor
D. MAF rusak
E. ECT rusak

 

22.  Berikut adalah gambar system induksi udara pada mesin injeksi, komponen no. 1,3, 5 adalah ….


A. Air cleaner, Intake valve, Throttle valve
B. Air cleaner, Intake valve, Air flow meter
C. Air cleaner, Injektor, Air flow meter
D. Air flow meter, Intake valve, Air cleaner
E. Air flow meter, Intake valve, Throttle valve

 

23.  Kendaraan dengan system injeksi, saat distarter langsung hidup dengan putaran mesin berada diatas sedikit dari putaran idle, setelah mencapai suhu kerja putaran putaran mesin tidak berubah. Kemungkinan penyebabnya adalah ….
A. ECT  rusak
B. CMP rusak
C. Thermostat rusak
D. MAF rusak
E. IAT rusak

 

24.  Perbedaan system VVT-I dengan system Katub konvensional adalah ….

A.    Timing pembukaan dan penutupan katup pada sistem mekanisme katub konvensional tetap sedangkan pada system VVT-I berubah-ubah menyesuaikan kondisi kerja mesin

B.     Waktu pembukaan dan penutupan pada katub pada system mekanisme katub konvensional berubah ubah sedangkan pada system VVT-I berubah ubah berdasarkan kondisi kerja mesin

C.     Waktu pembukaan dan penutupan pada katub pada system VVT-I tetap sedangkan pada system mekanisme katub konvensional berubah ubah berdasarkan kondisi kerja mesin

D.    Konstruksi mekanisme katub system VVT-I lebih sederhana dibanding yang konvensional

E.     System mekanisme katub konvensional dan VVT-I masih memerlukan penyetelan celah katub secara maual

 

25.  Gambar berikut untuk nomor 1,2,3, dan 4 menunjukan komponen pada mekanisme VVTI adalah ….



A. CMP sensor, CKP sensor, VVT-I controller, OCV
B. VVT-I controller, CMP sensor, CKP sensor, OCV
C. OCV, CMP sensor, CKP sensor, VVT-I controller
D. CMP sensor, CKP sensor, OCV, VVT-I controller
E. CKP sensor, CMP sensor, VVT-I controller, OCV

 

26.  Kendaraan dengan system injeksi, saat distarter langsung hidup beberapa saat, kemudian mati,  dan pada saat distarter kembali bisa hidup beberapa saat, kemudian mati, dan terus kondisinya seperti itu. Kemungkinan penyebabnya adalah ….
A. Pompa injeksi tekanannya dibawah nilai spesifikasi
B. Saringa pompa injeksi kotor
C. Injector kotor
D. MAF rusak
E. ECT rusak

 

27.  Berikut adalah gambar modul igniter pada mesin injeksi, terminal C dalam rankaian yang benar akan tersambung ke terminal ….

A. Coil -
B. Coil +
C. ECU
D. Kunci kontak
E. Sekring

 

28.  Pada saat mengukur nilai resistance ECT (engine coolant temperature) pada suhu 200 C, menurut data teknis nilainya sebesar 2000 — 3000 Ohm, maka pernyataan berikut yang tepat untuk mengukur nilai resistance tersebut adalah ….
A. Menggunakan Ohmmeter Analog dan saklar selector diarahkan ke X K
B. Menggunakan Avometer Analog dan saklar selector diarahkan ke X 10
C. Menggunakan Ohmmeter Analog dan saklar selector diarahkan ke X1
D. Menggunakan Voltmeter Analog dan saklar selector diarahkan ke X10
E. Menggunakan Ohmmeter Analog dan saklar selector diarahkan ke X10

 

29.  Perkembangan mekanisme katup untuk mendapatkan kemampuan mesin dengan rpm tinggi, ekonomis dan ramah lingkungan diperlukan konstruksi ….
A. Mesin 4 langkah dengan mekanisme katub DOHC + VVT-i
B. Mesin 4 langkah dengan mekanisme katub OHV
C. Mesin 4 langkah dengan mekanisme katub SOHC
D. Mesin 4 langkah dengan mekanisme katub DOHC
E. Mesin 4 langkah dengan mekanisme katub DOHC + turbointercooler

 

30.  Perhatikan gambar berikut ini! Bagian pompa bahan bakar yang memiliki fungsi untuk mengontrol bensin agar tetap penuh pada ruang pompa dan juga agar bahan bakar pada pipa/rail tetap bertekanan adalah ….


A. Katup pengembali/katup anti balik
B. Peluru pompa
C. Katup pembatas
D. Angker
E. Saringan/ filter bensin

 

31.  Besar arus listrik yang mengalir pada pompa bensin pada system bahan bakar EFI saat beban penuh adalah ….
A. 8 -10 A dan tegangan 12 Volt
B. 2 — 4 A dan tegangan 24 Volt
C. 8 — 10 A dan tegangan 24 Volt
D. 2 — 4 A dan tegangan 12 Volt
E. 5 — 7 A dan tegangan 12 Volt

 

32.  Kendaraan dengan system injeksi, mesin susah dihidupkan, dan bisa hidup tapi putaran idle mesin menjadi tidak stabil. Kemungkinan penyebab pada system bahan bakarnya adalah ….
A. Pressure regulator tidak berfungsi
B. Saringan bahan bakar tersumbat
C. Pompa bahan bakar rusak
D. Fuel rail tersumbat
E. Injector kotor

 

33.  Perhatikan gambar berikut ini! Berikut yang merupakan komponen sistem bahan bakar injeksi yang berfungsi untuk mengatur tekanan bahan bakar pada delivery pipe (pipa pembagi) agar tetap konstan dan sesuai dengan tekanan spesifikasi adalah ….

A. Fuel pressure regulator
B. Fuel rail
C. Fuel pump
D. Fuel filter
E. Injection valves

 

34.  Perhatikan gambar dibawah ini! Pada gambar merupakan proses pemeriksaan komponen sistem pendingin. Apa penyebab kendaraan harus dilakukan pemeriksaan tersebut ?

A. Air radiator selalau berkurang serta terjadi panas berlebihan (over heating)
B. Over heating dan pompa air bocor
C. Air raditor selalau berkurang dan slang bocor
D. Radiator dan salang bocor
E. Pompa air dan seal bocor

35.  Gambar berikut, no 3 adalah 

A.    Nosel    

B.     Katup throttle   

C.     Ventury

D.    Pelampung

E.     Ventilasi

 

36.  Masih gambar soal no 3, gambar no 4 adalah :

A.    Nosel   

B.     Katup throttle  

C.     Ventury

D.    Pelampung

E.     Ventilasi

 

37.  Masih gambar soal no 3, gambar no 5 adalah :

A.    Nosel   

B.     Katup throttle  

C.     Ventury

D.    Pelampung

E.     Ventilasi

 

38.  Masih gambar soal no 3, gambar no 6 adalah :

A.    Nosel   

B.     Katup throttle  

C.    Ventury

D.    Pelampung

E.     Ventilasi

 

39.  Prinsip kerja karburator di atas adalah :

A.    Bensin dihisap oleh kevakuman ventury

B.     Bensin ditekan dari ruang pelampung

C.     Bensin ditekan dari pompa bahan bakar

D.    Bensin ditekan oleh pelampung

E.     Bensin dihisap oleh katup throttle

 

40.  Fungsi dari system pelampung adalah……

A.    Menampung bensin yang akan disalurkan ke system pengisian bahan bakar

B.     Mengatur tinggi rendahnya bensin di ruang pelampung

C.     Memberikan campuran udara dan bensin pada saat putaran lambat

D.    Agar tidak terjadi campuran yang terlalu gemuk

E.     Membuka dan menutup saluran campuran bensin dan udara agar tidak terjadi dieseling

 

41.  Fungsi dari jarum pelampung adalah……

A.    Menampung bensin yang akan disalurkan ke system pengisian bahan bakar

B.     Mengatur tinggi rendahnya bensin di ruang pelampung

C.     Memberikan campuran udara dan bensin pada saat putaran lambat

D.    Agar tidak terjadi campuran yang terlalu gemuk

E.     Membuka dan menutup saluran campuran bensin dan udara agar tidak terjadi dieseling

 

42.  Fungsi dari system stasioner dan putaran rendah adalah…..

A.    Menampung bensin yang akan disalurkan ke system pengisian bahan bakar

B.     Mengatur tinggi rendahnya bensin di ruang pelampung

C.    Memberikan campuran udara dan bensin pada saat putaran lambat

D.    Agar tidak terjadi campuran yang terlalu gemuk

E.     Membuka dan menutup saluran campuran bensin dan udara agar tidak terjadi dieseling

 

43.  Fungsi dari system cuk adalah…..

A.    Menampung bensin yang akan disalurkan ke system pengisian bahan bakar

B.     Mengatur tinggi rendahnya bensin di ruang pelampung

C.     Memberikan campuran udara dan bensin pada saat putaran lambat

D.    Agar tidak terjadi campuran yang terlalu gemuk

E.     Membuka dan menutup saluran campuran bensin dan udara agar tidak terjadi dieseling

 

44.  Fungsi dari katup solenoid adalah……

A.    Menampung bensin yang akan disalurkan ke system pengisian bahan bakar

B.     Mengatur tinggi rendahnya bensin di ruang pelampung

C.     Memberikan campuran udara dan bensin pada saat putaran lambat

D.    Agar tidak terjadi campuran yang terlalu gemuk

E.     Membuka dan menutup saluran campuran bensin dan udara agar tidak terjadi dieseling

 

45.  Apa yang dimaksud dieseling adalah……

A.    Posisi kunci kontak off, tpi mesin  masih berputar terus menerus

B.     Bensin keluar melewati selang pembuang

C.     Pada karburator terjadi pengembunan

D.    Saat terjadi membuka nozel, sehingga solar menjadi kabut.

E.     Untuk  menyaring bensin

 

46.  Fungsi dari thermostat adalah…..

A.    Menambah udara ke dalam karburator pada saat disekeliling mesin panas

B.     Mengatur tinggi rendahnya bensin di ruang pelampung

C.     Memberikan campuran udara dan bensin pada saat putaran lambat

D.    Agar tidak terjadi campuran yang terlalu gemuk

E.     Membuka dan menutup saluran campuran bensin dan udara agar tidak terjadi dieseling

 

47.  Fungsi dari kecepatan tinggi sekunder adalah….

A.    Memberikan campuran bensin dan udara pada saat mesin bensin dan udara pada saat mesin berputar dengan kecepatan tinggi.

B.     Menampung bensin yang akan disalurkan ke system pengisian bahan bakar

C.     Mengatur tinggi rendahnya bensin di ruang pelampung

D.    Memberikan campuran udara dan bensin pada saat putaran lambat

E.     Agar tidak terjadi campuran yang terlalu gemuk

 

48.  Urutan pekerjaan dalam tune up motor bensin adalah sebagai berikut :

A.    Tes baterai – tes defleksi tali kipas - tes koil– ukur celah busi – tes kompresi – ukur celah platina - setel celah katub – tes sudut dweel – tes saat pengapian

B.     Tes baterai – tes defleksi tali kipas - tes koil – ukur celah platina – ukur celah busi – setel celah katub – tes kompresi – tes sudut dweel – tes saat pengapian

C.    Tes baterai – tes defleksi tali kipas - tes koil – ukur celah platina – ukur celah busi – tes kompresi - setel celah katub – tes sudut dweel – tes saat pengapian

D.    Tes baterai – tes defleksi tali kipas - tes koil – ukur celah platina – ukur celah busi – setel celah katub – tes sudut dweel – tes kompresi –  tes saat pengapian

E.     Tes baterai – tes defleksi tali kipas - tes koil – ukur celah platina – tes kompresi – ukur celah busi – setel celah katub – tes sudut dweel–  tes saat pengapian

 

49.  Cara menggunakan dweel tester / tachometer dengan dua kabel adalah :

A.    Kabel pengetes warna merah dihubungkan ke kabel busi 4 dan kabel warna hitam ke  negative koil / ground

B.     Kabel pengetes warna hitam dihubungkan ke positf koil dan kabel warna merah ke negative koil / ground

C.     Kabel pengetes warna merah dihubungkan ke kabel busi 1 dan kabel warna hitam ke       negative koil / ground

D.    Kabel pengetes warna merah dihubungkan ke kabel busi 2 dan kabel warna hitam ke negative koil / ground

E.     Kabel pengetes warna merah dihubungkan ke positif  negative koil dan kabel warna hitam ke   ground

 

50.  Gambar di bawah ini adalah pengetesan / pengecekan :

A.    Tegangan Kabel Busi

B.     Tahanan Kabel Busi

C.     Hantaran Kabel Coil

D.    Tegangan Busi

E.     Umur kabel Busi.

 

51.  Dikatakan setelah pengetesan radiator tester  tutup radiator rusak bila tekanan kurang dari….

A.    0,6 kg / cm2                

B.     0,5 kg / cm2                

C.     0,7 kg / cm2

D.    0,8 kg/ cm2

E.     0,9 kg/ cm2

 

52.  Pemeriksaan pada gambar diatas adalah pemeriksaan kebocoran radiator, dikatakan radiator baik bila tekanan…

A.    1,0 kg/ cm2           

B.     1,1 kg / cm2                          

C.    1,2 kg / cm2

D.    1.3 Kg/ cm2

E.     1,4 kg / cm2

 

53.  Untuk mengatasi perbedaan tinggi permukaan bahan bakar akibat goncangan, tanki bahan bakar dilengkapi dengan :

A.    Regulators       

B.     Resistors        

C.     Conductors

D.    Distributor

E.     Sparator

 

54.  Untuk mengatasi  tenaga motor bensin kurang pada saat beban berat (jalan menanjak), karburator dilengkapi dengan system :

A.    Float Chamber system     

B.     Power system       

C.     Air bleeder system

D.    Acceleration system

E.     Idle system

 

55.  Sistem Akselerasi pada karburator bekerja pada saat :

A.    Beban kendaraan bertambah tiba tiba

B.     Penambahan percepatan tiba tiba

C.     Bahan bakar tidak mengalir

D.    Ruang pelampung tersumbat

E.     Pompa bahan bakar tidak berfungsi

 

56.  Fungsi pompa bahan bakar mekanik dan pompa bahan bakar listrik adalah :

A.    Untuk memindahkan bahan bakar dari tanki bahan bakar ke karburator

B.     Untuk mengatur jumlah bahan bakar yang menuju karburator

C.     Untuk mengatur tekanan bahan bakar pada karburator

D.    Untuk menekan bahan bakar ke dalam ruang bakar

E.     Untuk menekan bahan bakar kembali ke tanki bahan bakar

 

57.  Berikut di bawah tidak termasuk fungsi karburator :

A.    Mengatur jumlah campuran udara dan bahan bakar

B.     Membuat kabut halus campuran udara dan bahan bakar

C.     Membentuk perbandingan campuran udara dan bahan bakar

D.    Menghemat pemakaian bahan bakar

E.     Menampung bahan bakar sebelum masuk ke dalam motor

 

58.  Fungsi system pelampung pada karburator adalah :

A.    Mengabutkan bahan bakar

B.     Mengukur jumlah bahan bakar yang akan digunakan

C.     Mencukupi kebutuhan bahan bakar yang digunakan selama mesin bekerja

D.    Menutup saluran pengisian saat bahan bakar berkurang

E.     Membuka saluran pengisian saat bahan bakar berlebihan

 

59.  Ruang pelampung harus dilengkapi dengan saluran udara (ventilasi) yang berfungsi sebagai :

A.    Saluran pencampur udara dengan bensin

B.     Penjaga tekanan dalam ruang pelampung tetap tiggi

C.     Penjaga tekanan dalam ruang pelampung tetap rendah

D.    Pemisah antara udara dengan bensin

E.     Pencagah tekanan dalam ruang pelampung tetap sama dengan tekanan udara luar

 

60.  Syarat syarat fungsi system idle bekerja adalah :

A.    Katup throttle terbuka penuh

B.     Katup throttle terbuka sebagian

C.     Katup throttle terbuka sedikit

D.    Katup throttle tertutup dan saluran idle (idle port) tertutup

E.     Katup throttle tertutup dan saluran idle (idle port) terbuka

 

61.  Bila katup pompa percepatan rusak/sobek/bocor, maka akibatnya :

A.    Bahan bakar yang masuk ke ventury lewat jet pump sangat banyak

B.     Bahan bakar yang masuk ke ventury lewat jet pump sangat sedikit atau tidak ada

C.     Pemakaian bahan bakar menjadi boros

D.    Pemakaian bahan bakar menjadi irit

E.     Tidak berpengaruh terhadap kerja karburator

 

62.  Yang berfungsi untuk membatasi jumlah bahan bakar yang mengalir dari ruang pelampung….

A.    Main jet   

B.     Pump jet   

C.     Idle jet

D.    Slow port

E.     Power jet

 

63.  Power valve pada power system bekerja bilamana :

A.    Putaran mesin tinggi

B.     Beban mesin tinggi

C.     Panas mesin tinggi

D.    Putaran mesin tinggi dan beban mesin juga tinggi

E.     Putaran mesin rendah dan beban mesin juga rendah

 

64.  Katup cuk pada karburator bekerja, maka dampaknya pada mesin adalah :

A.    Tenaga mesin meningkat

B.     Putaran mesin bagus pada rpm tinggi

C.     Mudah hidup pada putaran idle dan suhu mesin rendah

D.    Hemat bahan bakar

E.     Tidak cepat panas

 

65.  Katup 3 silininder  dengan FO. 1-2-3  yang di stel  pada top 3 adalah….

A.    Sil 2  in dan sil 3 Ex  

B.     Sil 2 Ex dan sil 3 in  

C.     Sil 1 in  dan sil 3 in

D.    Sil 1 EX dan sil 3 IN

E.     Sil 2 IN dan sil 1 EX

 

66.  Penggantian filter oil untuk mesin bensin berapa km…

A.    10.000 km   

B.     11.000 km   

C.     12.000 km

D.    14.000 km

E.     15.000 km

 

67.  Penggantian oil mesin bensin untuk mobil lama berapa km…

A.    5000 km                 

B.     6000 km                 

C.     7000km

D.    8000 km

E.     10.000 km

 

68.  Perhatikan gambar berikut !

Komponen yang ditunjukkan dengan angka 1 dan 2  pada gambar dibawah ini adalah ….

A.    secondary mainjet – nosel utama 

B.     economizer jet – power valve  

C.    air bleeder – solenoid

D.    primary mainjet- power valve

E.     solenoid-air bleder

 

69.  Sistem yang bekerja menambah pasokan bahan bakar bensin saat pedal gas di tekan secara tiba-tiba adalah ….

A.    Tenaga     

B.     Akselerasi    

C.     kecepatan rendah

D.    kecepatan tinggi primer

E.     kecepatan tinggi sekunder

 

70.  Pada saat mesin dingin motor sulit dihidupkan, sehingga perlu mengoperasikan sistem chooke. Prinsip kerja sistem choke adalah ….

A.    menutup saluran gas

B.     menutup saluran udara 

C.     membuka saluran gas

D.    membuka saluran udara

E.     membuka saluran udara dan gas.

 

71.  Perhatikan gambar berikut ! Komponen yang ditunjukkan dengan angka 1 dan 2  pada gambar dibawah ini adalah ….

A.    air bleeder no. 1 – air bleeder no 2

B.     idle port – slow port

C.     air bleeder – solenoid

D.    slow port – idle port

E.     air bleeder no 1 – idle mixture adjusting screw

 

72.  Berikut ini adalah urutan aliran bahan bakar pada sistem bahan bakar motor bensin konvensional.  Urutan yang benar adalah ....

A.    tangki bensin – pipa bensin -  pompa bensin – pipa bensin - saringan bensin – pipa bensin  - karburator

B.     tangki bensin  – pipa bensin - saringan bensin – pipa bensin – karburator- pompa bensin – pipa bensin – tangki bensin

C.     tangki bensin – pipa bensin - karburator - saringan bensin – pipa bensin - pompa bensin -– pipa bensin -  tangki bensin

D.    tangki bensin– pipa bensin -pompa bensin – pipa bensin – karburator – pipa bensin – saringan bensin

E.     tangki bensin – pipa bensin - saringan bensin – pipa bensin -pompa bensin – pipa bensin – karburator.

73.  Komponen karburator yang berfungsi untuk menghentikan aliran campuran bahan bakar dan udara pada     saat mesin dimatikan adalah  .... 

A.    acceleration pump      

B.     power system   

C.     idle up valve

D.    Solenoid

E.     Power valve

 

74.       Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menyetel  putaran stasioner motor bensin yang menggunakan karburator adalah ....

A.    melepas saringan udara

B.     memeriksa ketinggian permukaan minyak pelumas

C.    memanaskan mesin hingga mencapai suhu kerja

D.    memasang tachometer sesuai petunjuk penggunaan

E.     menekan pedal gas berulang kali

 

75.  Vernier Caliper mempunyai beberapa kegunaan, dibawah ini yang bukan kegunaan dari Vernier Caliper adalah …..

A.    mengukur diameter dalam

B.     mengukur Kerenggangan 

C.     mengukur tinggi

D.    mengukur diameter luar

E.     mengukur lebar

 

76.  Berfungsi untuk mengurangi panas yang diserap oleh bagian-bagian mesin sehingga tidak mengakibatkan kerusakan pada mesin dan untuk mengatur atau menstabilkan temperatur kerja mesin supaya tetap maka diperlukan  sebuah sistem pada motor bakar yaitu….

A.    Sistem radiasi

B.     Sistem konveksi

C.     Sistem ventilasi

D.    Sistem pendingin

E.     Sistem sirkulasi

 

77.  Untuk mempercepat temperatur kerja air pendingin pada saat mesin masih dingin, serta mengatur peredaran air pendingin menuju ke radiator pada saat mesin panas diperlukan alat….

A.    Thermostat

B.     Pompa air

C.     Radiator

D.    Reservoir

E.     Ventilator

 

78.  Suhu saat bekerja thermostat adalah….

A.    80oC – 92oC

B.     70oC – 90oC

C.     60oC – 96oC

D.    60oC – 70oC

E.     70oC – 82oC

 

79.  Di bawah ini merupakan bagian-bagian dari tutup radiator, kecuali….

A.    Pressure valve

B.     Bottom seal

C.     Pressure valve spring

D.    Vacuum valve

E.     Jiggle valve

 

80.  Jika kendaraan berjalan pelan (mendaki, lalu lintas macet di kota, dsb.) air pendingin menjadi panas. Untuk mencegah kelebihan panas pada saat kendaraan berjalan pelan, radiator harus dilengkapi dengan….

A.    Thermostat

B.     Pompa air

C.    Kipas

D.    Reservoir

E.     Ventilator

 

81.  Spesifikasi tekanan pembukaan katup tutup radiator saat dilakukan pemeriksaan adalah….

A.    0,75 – 1,05 kg/cm2

B.     0,75 – 1,2 kg/cm2

C.     0,75 – 2,05 kg/cm2

D.    1,05 – 1,5 kg/cm2

E.     1,05 – 2,5 kg/cm2

 

82.  Sedangkan spesifikasi tekanan saat dilakukan pemeriksaan kebocoran radiator adalah….

A.    1,2 kg/cm2

B.     0,9 kg/cm2

C.     0,5 kg/cm2

D.    0,6 kg/cm2

E.     1,5 kg/cm2

 

83.  Spesifikasi kekencangan tali kipas adalah….

A.    5 – 20 mm

B.     10 – 20 mm

C.     5 – 10 mm

D.    15 – 20 mm

E.     7 - 11 mm

 

84.  Selain kekencangan, hal yang perlu dilakukan pemeriksaan pada tali kipas adalah….kecuali.

A.    Kelonggaran

B.     Retak-retak atau tidak

C.     Warna tali kipas

D.    Merk pabrik

E.     Fleksibilitas

 

85.  Akibat yang ditimbulkan jika tali kipas terlalu kotor adalah….

A.    Pompa tidak bisa bekerja dengan maksimal karena tali kipas selip

B.     Pompa tidak bisa bekerja kerena berputar cepat

C.     Pompa tidak bisa bekerja karena tali kipas terlalu berat

D.    Mesin tidak bisa mencapai temperatur kerja (terlalu dingin)

E.     Tali kipas cepat aus

 

86.  Jika katup thermostat membuka terlalu cepat (kurang dari spesifikasi) akan berakibat….

A.    Mesin cepat panas

B.     Mesin cepat aus

C.    Mesin lama/susah mencapai temperatur kerja

D.    Mesin cepat mencapai temperatur kerja

E.     Mesin mengalami over heating

 

87.  Saat mesin dingin aliran cairan pendingin adalah….

A.    Pompa – water jaket – saluran by pass – pompa

B.     Pompa – radiator – water jaket – pompa

C.     Pompa – water jaket – radiator – pompa

D.    Pompa – reservoir – radiator – pompa

E.     Pompa – water jaket – reservoir – pompa

 

88.  Saat mesin panas aliran cairan pendingin adalah….

A.    Pompa – water jaket – saluran by pass – pompa

B.     Pompa – radiator – water jaket – pompa

C.    Pompa – water jaket – radiator – pompa

D.    Pompa – reservoir – radiator – pompa

E.     Pompa – water jaket – reservoir – pompa

 

89.  Pernyataan dibawah ini yang benar tentang API adalah ....

A.    American Petrolium Institute, suatu lembaga yang memberikan standard untuk viskositas dari bensin

B.     American Premium Institute, suatu lembaga yang memberikan standard untuk viskositas dari oli

C.    American Petrolium Institute, suatu lembaga yang memberikan standard untuk kualitas dari oli

D.    Australia Petrolium Institute, suatu lembaga yang memberikan standard untuk viskositas dari oli

E.     Australia Petrolium Institute, suatu lembaga yang memberikan standard untuk kualitas dari oli berupa SH/CD

 

90.  Pernyataan dibawah ini yang benar adalah….

A.    SAE 30 lebih kental dari SAE 50

B.     SAE 50 lebih encer dari SAE 30

C.     SAE 50 lebih encer dari SAE 90

D.    Oli dengan kualitas SG lebih bagus dari SH

E.     Kwalitas Oli dengan SAE 30 sama dengan API 30

 

91.  Apa yang dimaksud dengan ‘SYNTHETIC OIL’….

A.    Oli yang terbuat dari mineral-mineral pada tumbuh-tumbuhan dan hewan

B.     Oli yang terbuat dari mineral-mineral yang terdapat dari dalam bumi

C.     Oli yang telah ditambahkan aditif

D.    Oli yang dipakai pada kendaraan lama

E.     Oli yang banyak dipakai pada kendaraan roda empat atau lebih

 

92.  Mengapa pada mesin membutuhkan sistem pelumasan….

A.    Untuk menghindari keausan pada mesin

B.     Mengurangi nilai gesek atau koofisien gesek komponen mesin

C.     Untuk menambah akselerasi pada kendaraan

D.    Untuk mempertahankan temperature kerja mesin

E.     Agar mesin dapat berputar dalam waktu yang lama

 

93.  Campuran udara bahan bakar dan uap oli mengalir ke udara bebas sehingga dapat mengurangi polusi  adalah fungsi dari ...

A.    Saringan oli

B.     Saluran bypass

C.    Saringan oli

D.    Exhause manifold     

E.     Katup PVC    

 

94.  Aliran minyak pelumas  pelumasan pada mesin adalah ....

A.    Carter – filter – pompa – saluran pelumasan – komponen yang dilumasi – carter

B.     Carter – filter (strainer) – pompa – filter – saluran pelumasan – komponen yang dilumasi – carter

C.     Carter – pompa – saluran pelumasan – komponen yang dilumasi – filter – carter

D.    Carter – pompa – saringan – saluran – komponen – filter – carter

E.     Carter – pompa – Saringan – katup bypass – komponen – carter

 

95.  Apa yang menyebabkan lampu indicator oli pada instrument menyala pada saat idle dan mati pada saat di gas ….

A.    Karena adanya kekurangan oli pada sistem pelumasan

B.     Karena pompa pada minyak pelumasan ada masalah

C.     Karena temperature mesin masih dingin 

D.    Karena viskositas oli sudah encer

E.     Karena lampu indicator oli sudah rusak

 

96.  Macam-macam pelumasan pada mesin adalah ...

A.    Sistem percik (splash system) dan sistem celup

B.     Sistem aliran dan berat jenis

C.    Sistem percik dan sistem tekanan

D.    Sistem penguapan dan tekanan

E.     Sistem tekan

 

97.  Tekanan oli pada sistem pelumasan mesin pada umumnya adalah ......

A.    2,0 s/d 5 bar 

B.     7 s/d 9 bar               

C.     5 s/d 7 bar

D.    9 s/d 12 bar     

E.     6 s/d 7 bar 

 

98.  Apakah yang menyebabkan oli berwarna putih ….

A.    Oli bercampur bensin dan penyebabnya ring piston aus

B.     Oli bercampur air hal ini disebabkab karena terjadi kerusakan pada paking silinder head

C.     Oli bercampur air hal ini disebabkan karena terjadi keausan pada ring piston

D.    Oli bercampur kotoran dari mesin

E.     Oli sudah terlalu lama tiddak diganti

 

99.  Oli mesin bisa bertambah banyak sementara warna normal, padahal jumlah oli mesin tidak ditambah. Apa kira-kira penyebabnya ….

A.    Oli pada mesin bercampur dengan bahan bakar

B.     Oli pada mesin bercampur dengan air

C.     Oli pada mesin bercampur dengan kotoran diakibatkan seal oli bocor

D.    Oli tidak mengalir karena saringan kotor

E.     Oli bercampur kotoran dari proses pembakaran mesin

 

100. Apa fungsi dari oil cooler pada sistem pelumasan ....

A.    Sebagai pendingin oli transmisi

B.     Untuk menghindari kekurangan oli pada sistem pelumasan

C.     Untuk mencegah terjadinya aus pada crankshaft  

D.    Tempat pemisahan oli dengan air pendingin

E.     Membantu mendinginkan oli mesin dengan bantuan udara luar


Posting Komentar untuk "100 Soal PMKR Kelas XI dan Jawabannya "