100 Soal PMKR Kelas XI dan Jawabannya
CONTOH SOAL LATIHAN KELAS XI PMKR
1. Pembakaran didalam silinder akan dikatakan baik apabila
:
A. Kadar CO2 tinggi
dan kadar CO rendah.
B. Kadar CO dan CO2 dalam gas buang tinggi
C. Kadar CO dan O2 dalam gas buang tinggi
D. Kadar CO dan CO2 dalam gas buang rendah
E. Kadar CO dan O2 dalam gas buang rendah
2. Kadar HC tinggi pada gas buang kendaraan , disebabkan
karena
A. Pembakaran yang tidak
baik/sempurna
B. Campuran yang terlalu kurus
C. Campuran bahan bakar dan udara yang miskin
D. Lamda yang besar
E. Lamda normal
3. Unsur kimia dalam gas buang yang paling beracun /
berbahaya adalah :
A. Unsur CO dan HC
B. Unsur CO2 dan CO
C. Unsur CO2 dan O2
D. Unsur O2 dan HC
E. UNSUR N dan O
4. Dari pernyataan berikut mengenai emission kendaraan pilih
satu yang benar ?
A. Unsur utama gas yang menguap dari
fuel tank adalah HC
B. Unsur utama blow-by gas adalah CO.
C. Unsur utama blow-by gas adalah NOx
D. Unsur utama gas yang menguap dari fuel tank adalah CO
E. Unsur utama blow-by gas adalah CO2
5. Dari pernyataan pernyataan dibawah ini, manakah yang
benar mengenai arti perbandingan udara bahan bakar 15 : 1 ?
A. Perbandingan 15 Kg udara terhadap 1
Kg Bahan Bakar
B. Perbandingan 15 cc udara terhadap 1 cc Bahan bakar
C. Perbandingan 15 cm3 udara terhadap 1 cm3 Bahan bakar
D. Perbandingan 15 cm udara terhadap 1 cm bahan Bakar
E. Perbandingan 15 ml udara terhadap 1 ml Bahan bakar
6. Knock sensor yang terpasang pada blok mesin akan
mengatur…….. pada Sistem Manajemen Mesin.
A. Timing Ignition
B. Timing Injection
C. Waktu pembukaan katup
D. Nilai Oktan Bahan Bakar
E. Timing Belt
7. Pada mesin bensin dengan sistem Engine manajemen
system, yang mengatur putaran stasioner (idle) ádalah:
A. Intake air temperatura
sensor
B. Manifold absolut pressure sensor
C. Idle actuator control
D. Speed sensor
E. VSS
8. Pernyataan di bawah ini tentang Air flow sensor
pada sistem Engine manajemen
A. Mengkalkulasi jumlah udara yang
masuk kedalam intake manifold
B. Berfungsi sebagai penyaring udara sebelum masuk manipol
C. Memberi input data pada vacuum sensor
D. Digunakan sebagai pengatur bahan bakar saat putaran tinggi
E. Menghitung tekanan udara masuk
9. Fuel Pressure Regulator berfungsi :
A. Mengatur tekanan bahan bakar
pada delivery Pipe (fuel rail)
B. Mengatur tekanan bahan bakar pada tangki bensin
C. Pemasok bensin pada injektor
D. Memanaskan bensin sebelum disemprotkan oleh injector
E. Mengatur tekanan bahan bakar pada saringan bensin
10. Input utama ECU dalam menentukan jumlah semprotan bensin
(Basic injection) pada injektor adalah:
A. Temperatur sensor dengan Engine speed
(Rpm) sensor
B. Throttle Position Sensor dan vacuum sensor
C. Intake air temperatur sensor dan Air flow sensor
D. Air flow sensor dan Engine speed sensor
E. Semua sensor
11. Fungsi utama ECU pada sistem Engine manajemen
:
A. Mengatur jumlah bahan bakar dan waktu
penyemprotan
B. Mengatur jumlah injeksi dan mengontrol sensor
C. Mengontrol bahan bakar dan sensor
D. Mengatur speed engine dan mengontrol sensor
E. Mengontrol laju kendaraan
12. Bila Check Engine menyala saat mesin hidup menunjukkan
bahwa :
A. Terjadi gangguan pada salah satu
sensor
B. Terjadi gangguan pada sistem bahan bakar
C. Terjadi gangguan pada main relay
D. Terjadi gangguan pada sumber arus ke ECU
E. Terjadi gangguan pada engine
13. Komponen apa yang perlu diperiksa pertama jika mesin
tidak mau hidup saat distart?
A. Ne sensor / CKP sensor / Cam shaft
Position sensor
B. Water temperatur sensor
C. Air temperatur sensor
D. Throttle Position Sensor
E. KNK sensor
14. Banyak sedikitnya Volume penyemprotan bensin oleh
injektor kedalam intake manifold akan diatur oleh ECU dengan cara
:
A. Mengatur lamanya aliran listrik yang
mengalir pada injektor
B. Menambah tegangan listrik pada injektor
C. Mengalirkan aliran listrik secara terus menerus ke
injektor
D. Tergantung pada nilai oktan bensin yang digunakan
E. Tergantung pada laporan KNK sensor
15. Mobil HYBRID adalah mobil yang sumber penggeraknya
dilakukan oleh
A. Motor diesel commonrail dan Motol
listrk
B. Mesin bensin
C. Mesin Diesel
D. Motor listrik
E. Motor bensin dan motor diesel
16. Saat melakukan overhaul (OH) engine, dilakukan
pemeriksaan kepala silinder. Hasil pengukuran menunjukan kepala silinder mengalami
distorsi, kondisi dapat disebabkan karena ….
A. System pendingin bocor
B. Pengencangan kepala silinder tidak rata
C. System pelumas tidak lancer
D. Mesin terlalu lama dihidupkan saat idle
E. Penggunaan coolant system pendingin tidak tepat
17. Berikut adalah gambar system aliran bahan bakar injeksi,
komponen no. 1,4, 7 adalah ….
A. Pressure regulator, Pompa bensin,
Injektor
B. Pressure regulator, injektor, pompa bensin
C. Saluran kembali, pompa bensin, injector
D. Saringan bahan bakar, saluran kembali, injector
E. Injektor, pompa bensin, pressure regulator
18. Mesin sulit dihidupkan, setelah diperiksa ternyata percikan api di busi sangat kecil. Kemungkinan gangguannya adalah ….
A. Firing order salah
B. Sudut dwell diatas nilai spesifikasi
C. Sudut dwell dibawah nilai spesifikasi
D. Busi mati
E. Sekring putus
19. Pada kendaraan yang menggunakan system pengapian
elektronik, saat pengapian selalu berubah ubah padahal putaran mesin relative
tetap. Kemungkinan gangguan pada system pengapian adalah ….
A. Rotor signal kocak (longgar)
B. Governor advance macet
C. Vacuum advance macet
D. Modul igniter rusak
E. Pick up coil rusak
20. Kendaraan dengan system injeksi, tenaga dan putaran mesin
tidak stabil. Kemungkinan gangguannya adalah ….
A. Injector kotor
B. MAF rusak
C. ECT rusak
D. CKP rusak
E. Main relay rusak
21. Kendaraan dengan system injeksi, saat distarter bisa
langsung hidup beberapa saat, kemudian mati dan pada saat distarter kembali
tidak bisa hidup. Kemungkinan penyebabnya adalah ….
A. Pompa injeksi rusak
B. Oxygen sensor rusak
C. Injector kotor
D. MAF rusak
E. ECT rusak
22. Berikut adalah gambar system induksi udara pada mesin
injeksi, komponen no. 1,3, 5 adalah ….
A. Air cleaner, Intake valve, Throttle valve
B. Air cleaner, Intake valve, Air flow meter
C. Air cleaner, Injektor, Air flow meter
D. Air flow meter, Intake valve, Air cleaner
E. Air flow meter, Intake valve, Throttle valve
23. Kendaraan dengan system injeksi, saat distarter langsung
hidup dengan putaran mesin berada diatas sedikit dari putaran idle, setelah mencapai
suhu kerja putaran putaran mesin tidak berubah. Kemungkinan penyebabnya adalah
….
A. ECT rusak
B. CMP rusak
C. Thermostat rusak
D. MAF rusak
E. IAT rusak
24. Perbedaan system VVT-I dengan system Katub konvensional
adalah ….
A. Timing pembukaan
dan penutupan katup pada sistem mekanisme katub konvensional tetap sedangkan
pada system VVT-I berubah-ubah menyesuaikan kondisi kerja mesin
B. Waktu pembukaan dan penutupan pada katub pada system
mekanisme katub konvensional berubah ubah sedangkan pada system VVT-I berubah
ubah berdasarkan kondisi kerja mesin
C. Waktu pembukaan dan penutupan pada katub pada system
VVT-I tetap sedangkan pada system mekanisme katub konvensional berubah ubah berdasarkan
kondisi kerja mesin
D. Konstruksi mekanisme katub system VVT-I lebih sederhana
dibanding yang konvensional
E. System mekanisme katub konvensional dan VVT-I masih
memerlukan penyetelan celah katub secara maual
25. Gambar berikut untuk nomor 1,2,3, dan 4 menunjukan komponen pada mekanisme VVTI adalah ….

A. CMP sensor, CKP sensor, VVT-I controller, OCV
B. VVT-I controller, CMP sensor, CKP sensor,
OCV
C. OCV, CMP sensor, CKP sensor, VVT-I controller
D. CMP sensor, CKP sensor, OCV, VVT-I controller
E. CKP sensor, CMP sensor, VVT-I controller, OCV
26. Kendaraan dengan system injeksi, saat distarter langsung
hidup beberapa saat, kemudian mati, dan pada saat distarter kembali bisa
hidup beberapa saat, kemudian mati, dan terus kondisinya seperti itu.
Kemungkinan penyebabnya adalah ….
A. Pompa injeksi tekanannya dibawah
nilai spesifikasi
B. Saringa pompa injeksi kotor
C. Injector kotor
D. MAF rusak
E. ECT rusak
27. Berikut adalah gambar modul igniter pada mesin injeksi,
terminal C dalam rankaian yang benar akan tersambung ke terminal ….

B. Coil +
C. ECU
D. Kunci kontak
E. Sekring
28. Pada saat mengukur nilai resistance ECT (engine coolant
temperature) pada suhu 200 C, menurut data teknis nilainya sebesar 2000 — 3000
Ohm, maka pernyataan berikut yang tepat untuk mengukur nilai resistance
tersebut adalah ….
A. Menggunakan Ohmmeter Analog dan saklar
selector diarahkan ke X K
B. Menggunakan Avometer Analog dan saklar selector diarahkan ke X 10
C. Menggunakan Ohmmeter Analog dan saklar selector diarahkan ke X1
D. Menggunakan Voltmeter Analog dan saklar selector diarahkan ke X10
E. Menggunakan Ohmmeter Analog dan saklar selector diarahkan ke X10
29. Perkembangan mekanisme katup untuk mendapatkan kemampuan
mesin dengan rpm tinggi, ekonomis dan ramah lingkungan diperlukan konstruksi ….
A. Mesin 4 langkah dengan mekanisme
katub DOHC + VVT-i
B. Mesin 4 langkah dengan mekanisme katub OHV
C. Mesin 4 langkah dengan mekanisme katub SOHC
D. Mesin 4 langkah dengan mekanisme katub DOHC
E. Mesin 4 langkah dengan mekanisme katub DOHC + turbointercooler
30. Perhatikan gambar berikut ini! Bagian pompa bahan bakar
yang memiliki fungsi untuk mengontrol bensin agar tetap penuh pada ruang pompa
dan juga agar bahan bakar pada pipa/rail tetap bertekanan adalah ….

A. Katup pengembali/katup anti balik
B. Peluru pompa
C. Katup pembatas
D. Angker
E. Saringan/ filter bensin
31. Besar arus listrik yang mengalir pada pompa bensin pada
system bahan bakar EFI saat beban penuh adalah ….
A. 8 -10 A dan tegangan 12 Volt
B. 2 — 4 A dan tegangan 24 Volt
C. 8 — 10 A dan tegangan 24 Volt
D. 2 — 4 A dan tegangan 12 Volt
E. 5 — 7 A dan tegangan 12 Volt
32. Kendaraan dengan system injeksi, mesin susah dihidupkan,
dan bisa hidup tapi putaran idle mesin menjadi tidak stabil. Kemungkinan
penyebab pada system bahan bakarnya adalah ….
A. Pressure regulator tidak berfungsi
B. Saringan bahan bakar tersumbat
C. Pompa bahan bakar rusak
D. Fuel rail tersumbat
E. Injector kotor
33. Perhatikan gambar berikut ini! Berikut yang merupakan
komponen sistem bahan bakar injeksi yang berfungsi untuk mengatur tekanan bahan
bakar pada delivery pipe (pipa pembagi) agar tetap konstan dan sesuai dengan
tekanan spesifikasi adalah ….

B. Fuel rail
C. Fuel pump
D. Fuel filter
E. Injection valves
34. Perhatikan gambar dibawah ini! Pada gambar merupakan proses pemeriksaan komponen sistem pendingin. Apa penyebab kendaraan harus dilakukan pemeriksaan tersebut ?

B. Over heating dan pompa air bocor
C. Air raditor selalau berkurang dan slang bocor
D. Radiator dan salang bocor
E. Pompa air dan seal bocor
35. Gambar berikut, no 3
adalah

A. Nosel
B. Katup throttle
C. Ventury
D.
Pelampung
E. Ventilasi
36. Masih gambar soal no 3, gambar
no 4 adalah :
A. Nosel
B. Katup throttle
C. Ventury
D. Pelampung
E.
Ventilasi
37. Masih gambar soal no 3, gambar
no 5 adalah :
A.
Nosel
B. Katup throttle
C. Ventury
D. Pelampung
E. Ventilasi
38. Masih gambar soal no 3, gambar
no 6 adalah :
A. Nosel
B. Katup throttle
C.
Ventury
D. Pelampung
E. Ventilasi
39. Prinsip kerja karburator di
atas adalah :
A.
Bensin dihisap oleh kevakuman
ventury
B. Bensin ditekan dari ruang
pelampung
C. Bensin ditekan dari pompa bahan
bakar
D. Bensin ditekan oleh pelampung
E. Bensin dihisap oleh katup
throttle
40. Fungsi dari system pelampung
adalah……
A.
Menampung bensin yang akan
disalurkan ke system pengisian bahan bakar
B. Mengatur tinggi rendahnya
bensin di ruang pelampung
C. Memberikan campuran udara dan
bensin pada saat putaran lambat
D. Agar tidak terjadi campuran
yang terlalu gemuk
E. Membuka dan menutup saluran
campuran bensin dan udara agar tidak terjadi dieseling
41. Fungsi dari jarum pelampung
adalah……
A. Menampung bensin yang akan
disalurkan ke system pengisian bahan bakar
B.
Mengatur tinggi rendahnya
bensin di ruang pelampung
C. Memberikan campuran udara dan
bensin pada saat putaran lambat
D. Agar tidak terjadi campuran
yang terlalu gemuk
E. Membuka dan menutup saluran
campuran bensin dan udara agar tidak terjadi dieseling
42. Fungsi dari system stasioner
dan putaran rendah adalah…..
A. Menampung bensin yang akan
disalurkan ke system pengisian bahan bakar
B. Mengatur tinggi rendahnya
bensin di ruang pelampung
C.
Memberikan campuran udara dan
bensin pada saat putaran lambat
D. Agar tidak terjadi campuran
yang terlalu gemuk
E. Membuka dan menutup saluran
campuran bensin dan udara agar tidak terjadi dieseling
43. Fungsi dari system cuk
adalah…..
A. Menampung bensin yang akan
disalurkan ke system pengisian bahan bakar
B. Mengatur tinggi rendahnya
bensin di ruang pelampung
C. Memberikan campuran udara dan
bensin pada saat putaran lambat
D.
Agar tidak terjadi campuran
yang terlalu gemuk
E. Membuka dan menutup saluran
campuran bensin dan udara agar tidak terjadi dieseling
44. Fungsi dari katup solenoid
adalah……
A. Menampung bensin yang akan
disalurkan ke system pengisian bahan bakar
B. Mengatur tinggi rendahnya
bensin di ruang pelampung
C. Memberikan campuran udara dan
bensin pada saat putaran lambat
D. Agar tidak terjadi campuran
yang terlalu gemuk
E.
Membuka dan menutup saluran
campuran bensin dan udara agar tidak terjadi dieseling
45. Apa yang dimaksud dieseling
adalah……
A.
Posisi kunci kontak off, tpi
mesin masih berputar terus menerus
B. Bensin keluar melewati selang
pembuang
C. Pada karburator terjadi
pengembunan
D. Saat terjadi membuka nozel,
sehingga solar menjadi kabut.
E. Untuk menyaring bensin
46. Fungsi dari thermostat
adalah…..
A.
Menambah udara ke dalam
karburator pada saat disekeliling mesin panas
B. Mengatur tinggi rendahnya
bensin di ruang pelampung
C. Memberikan campuran udara dan
bensin pada saat putaran lambat
D. Agar tidak terjadi campuran
yang terlalu gemuk
E. Membuka dan menutup saluran
campuran bensin dan udara agar tidak terjadi dieseling
47. Fungsi dari kecepatan tinggi
sekunder adalah….
A.
Memberikan campuran bensin dan
udara pada saat mesin bensin dan udara pada saat
mesin berputar dengan kecepatan tinggi.
B. Menampung bensin yang akan
disalurkan ke system pengisian bahan bakar
C. Mengatur tinggi rendahnya
bensin di ruang pelampung
D. Memberikan campuran udara dan
bensin pada saat putaran lambat
E. Agar tidak terjadi campuran
yang terlalu gemuk
48. Urutan pekerjaan dalam tune up
motor bensin adalah sebagai berikut :
A. Tes baterai – tes defleksi tali
kipas - tes koil– ukur celah busi – tes kompresi – ukur celah platina - setel
celah katub – tes sudut dweel – tes saat pengapian
B. Tes baterai – tes defleksi tali
kipas - tes koil – ukur celah platina – ukur celah busi – setel celah katub –
tes kompresi – tes sudut dweel – tes saat pengapian
C.
Tes baterai – tes defleksi tali
kipas - tes koil – ukur celah platina – ukur celah busi – tes kompresi - setel celah katub – tes sudut dweel – tes saat
pengapian
D. Tes baterai – tes defleksi tali
kipas - tes koil – ukur celah platina – ukur celah busi – setel celah katub –
tes sudut dweel – tes kompresi – tes saat pengapian
E. Tes baterai – tes defleksi tali
kipas - tes koil – ukur celah platina – tes kompresi – ukur celah busi – setel
celah katub – tes sudut dweel– tes saat pengapian
49. Cara menggunakan dweel tester /
tachometer dengan dua kabel adalah :
A. Kabel pengetes warna merah
dihubungkan ke kabel busi 4 dan kabel warna hitam ke negative koil /
ground
B. Kabel pengetes warna hitam
dihubungkan ke positf koil dan kabel warna merah ke negative koil / ground
C. Kabel pengetes warna merah
dihubungkan ke kabel busi 1 dan kabel warna hitam ke
negative koil / ground
D. Kabel pengetes warna merah
dihubungkan ke kabel busi 2 dan kabel warna hitam ke negative koil / ground
E.
Kabel pengetes warna merah
dihubungkan ke positif negative koil dan kabel warna hitam ke ground
50. Gambar di bawah ini adalah
pengetesan / pengecekan :

A. Tegangan Kabel Busi
B.
Tahanan Kabel Busi
C. Hantaran Kabel Coil
D. Tegangan Busi
E. Umur kabel Busi.
51. Dikatakan setelah pengetesan
radiator tester tutup radiator rusak bila tekanan kurang dari….
A. 0,6 kg / cm2
B. 0,5 kg / cm2
C. 0,7 kg / cm2
D. 0,8 kg/ cm2
E.
0,9 kg/ cm2
52. Pemeriksaan pada gambar diatas
adalah pemeriksaan kebocoran radiator, dikatakan radiator baik bila tekanan…

A. 1,0 kg/ cm2
B. 1,1 kg / cm2
C.
1,2 kg / cm2
D. 1.3 Kg/ cm2
E. 1,4 kg / cm2
53. Untuk mengatasi perbedaan
tinggi permukaan bahan bakar akibat goncangan, tanki bahan bakar dilengkapi
dengan :
A. Regulators
B. Resistors
C. Conductors
D. Distributor
E.
Sparator
54. Untuk mengatasi tenaga
motor bensin kurang pada saat beban berat (jalan menanjak), karburator
dilengkapi dengan system :
A. Float Chamber system
B.
Power system
C. Air bleeder system
D. Acceleration system
E. Idle system
55. Sistem Akselerasi pada
karburator bekerja pada saat :
A. Beban kendaraan bertambah tiba
tiba
B.
Penambahan percepatan tiba tiba
C. Bahan bakar tidak mengalir
D. Ruang pelampung tersumbat
E. Pompa bahan bakar tidak
berfungsi
56. Fungsi pompa bahan bakar
mekanik dan pompa bahan bakar listrik adalah :
A.
Untuk memindahkan bahan bakar
dari tanki bahan bakar ke karburator
B. Untuk mengatur jumlah bahan
bakar yang menuju karburator
C. Untuk mengatur tekanan bahan
bakar pada karburator
D. Untuk menekan bahan bakar ke
dalam ruang bakar
E. Untuk menekan bahan bakar
kembali ke tanki bahan bakar
57. Berikut di bawah tidak termasuk
fungsi karburator :
A. Mengatur jumlah campuran udara
dan bahan bakar
B. Membuat kabut halus campuran
udara dan bahan bakar
C. Membentuk perbandingan campuran
udara dan bahan bakar
D.
Menghemat pemakaian bahan bakar
E. Menampung bahan bakar sebelum
masuk ke dalam motor
58. Fungsi system pelampung pada
karburator adalah :
A. Mengabutkan bahan bakar
B.
Mengukur jumlah bahan bakar
yang akan digunakan
C. Mencukupi kebutuhan bahan bakar
yang digunakan selama mesin bekerja
D. Menutup saluran pengisian saat
bahan bakar berkurang
E. Membuka saluran pengisian saat
bahan bakar berlebihan
59. Ruang pelampung harus
dilengkapi dengan saluran udara (ventilasi) yang berfungsi sebagai :
A. Saluran pencampur udara dengan
bensin
B.
Penjaga tekanan dalam ruang
pelampung tetap tiggi
C. Penjaga tekanan dalam ruang
pelampung tetap rendah
D. Pemisah antara udara dengan
bensin
E. Pencagah tekanan dalam ruang
pelampung tetap sama dengan tekanan udara luar
60. Syarat syarat fungsi system
idle bekerja adalah :
A. Katup throttle terbuka penuh
B. Katup throttle terbuka sebagian
C. Katup throttle terbuka sedikit
D. Katup throttle tertutup dan
saluran idle (idle port) tertutup
E.
Katup throttle tertutup dan
saluran idle (idle port) terbuka
61. Bila katup pompa percepatan
rusak/sobek/bocor, maka akibatnya :
A. Bahan bakar yang masuk ke ventury
lewat jet pump sangat banyak
B.
Bahan bakar yang masuk ke
ventury lewat jet pump sangat sedikit atau tidak ada
C. Pemakaian bahan bakar menjadi
boros
D. Pemakaian bahan bakar menjadi
irit
E. Tidak berpengaruh terhadap
kerja karburator
62. Yang berfungsi untuk membatasi
jumlah bahan bakar yang mengalir dari ruang pelampung….
A.
Main jet
B. Pump jet
C. Idle jet
D. Slow port
E. Power jet
63. Power valve pada power system
bekerja bilamana :
A. Putaran mesin tinggi
B.
Beban mesin tinggi
C. Panas mesin tinggi
D. Putaran mesin tinggi dan beban
mesin juga tinggi
E. Putaran mesin rendah dan beban
mesin juga rendah
64. Katup cuk pada karburator
bekerja, maka dampaknya pada mesin adalah :
A. Tenaga mesin meningkat
B. Putaran mesin bagus pada rpm
tinggi
C. Mudah hidup pada putaran idle
dan suhu mesin rendah
D.
Hemat bahan bakar
E. Tidak cepat panas
65. Katup 3 silininder dengan
FO. 1-2-3 yang di stel pada top 3 adalah….
A. Sil 2 in dan sil 3
Ex
B.
Sil 2 Ex dan sil 3 in
C. Sil 1 in dan sil 3 in
D. Sil 1 EX dan sil 3 IN
E. Sil 2 IN dan sil 1 EX
66. Penggantian filter oil untuk
mesin bensin berapa km…
A.
10.000 km
B. 11.000 km
C. 12.000 km
D. 14.000 km
E. 15.000 km
67. Penggantian oil mesin bensin
untuk mobil lama berapa km…
A.
5000 km
B. 6000 km
C. 7000km
D. 8000 km
E. 10.000 km
68. Perhatikan gambar berikut !
Komponen yang ditunjukkan
dengan angka 1 dan 2 pada gambar dibawah ini adalah ….

A. secondary mainjet – nosel
utama
B. economizer jet – power
valve
C.
air bleeder – solenoid
D. primary mainjet- power valve
E. solenoid-air bleder
69. Sistem yang bekerja menambah
pasokan bahan bakar bensin saat pedal gas di tekan secara tiba-tiba adalah ….
A. Tenaga
B.
Akselerasi
C. kecepatan rendah
D. kecepatan tinggi primer
E. kecepatan tinggi sekunder
70. Pada saat mesin dingin motor
sulit dihidupkan, sehingga perlu mengoperasikan sistem chooke. Prinsip kerja
sistem choke adalah ….
A. menutup saluran gas
B.
menutup saluran udara
C. membuka saluran gas
D. membuka saluran udara
E. membuka saluran udara dan gas.
71. Perhatikan gambar berikut !
Komponen yang ditunjukkan dengan angka 1 dan 2 pada gambar dibawah ini
adalah ….

A.
air bleeder no. 1 – air bleeder
no 2
B. idle port – slow port
C. air bleeder – solenoid
D. slow port – idle port
E. air bleeder no 1 – idle mixture
adjusting screw
72. Berikut ini adalah urutan
aliran bahan bakar pada sistem bahan bakar motor bensin konvensional.
Urutan yang benar adalah ....
A. tangki bensin – pipa bensin
- pompa bensin – pipa bensin - saringan bensin – pipa bensin -
karburator
B. tangki bensin – pipa
bensin - saringan bensin – pipa bensin – karburator- pompa bensin – pipa bensin
– tangki bensin
C. tangki bensin – pipa bensin -
karburator - saringan bensin – pipa bensin - pompa bensin -– pipa bensin
- tangki bensin
D. tangki bensin– pipa bensin
-pompa bensin – pipa bensin – karburator – pipa bensin – saringan bensin
E. tangki bensin – pipa bensin - saringan bensin – pipa bensin -pompa
bensin – pipa bensin – karburator.
73. Komponen karburator yang
berfungsi untuk menghentikan aliran campuran bahan bakar dan udara pada
saat mesin dimatikan adalah ....
A. acceleration pump
B. power system
C. idle up valve
D.
Solenoid
E. Power valve
74. Hal pertama yang harus
dilakukan sebelum menyetel putaran stasioner motor bensin yang
menggunakan karburator adalah ....
A. melepas saringan udara
B. memeriksa ketinggian permukaan
minyak pelumas
C.
memanaskan mesin hingga
mencapai suhu kerja
D. memasang tachometer sesuai
petunjuk penggunaan
E. menekan pedal gas berulang kali
75.
Vernier Caliper mempunyai
beberapa kegunaan, dibawah ini yang bukan kegunaan dari Vernier Caliper adalah
…..
A. mengukur
diameter dalam
B. mengukur
Kerenggangan
C. mengukur
tinggi
D. mengukur
diameter luar
E.
mengukur lebar
76. Berfungsi
untuk mengurangi panas yang diserap oleh bagian-bagian mesin sehingga tidak
mengakibatkan kerusakan pada mesin dan untuk mengatur atau menstabilkan
temperatur kerja mesin supaya tetap maka diperlukan sebuah sistem pada motor bakar yaitu….
A. Sistem
radiasi
B. Sistem
konveksi
C. Sistem
ventilasi
D.
Sistem
pendingin
E. Sistem
sirkulasi
77. Untuk
mempercepat temperatur kerja air pendingin pada saat mesin masih dingin, serta
mengatur peredaran air pendingin menuju ke radiator pada saat mesin panas
diperlukan alat….
A.
Thermostat
B. Pompa
air
C. Radiator
D. Reservoir
E. Ventilator
78. Suhu
saat bekerja thermostat adalah….
A.
80oC
– 92oC
B. 70oC
– 90oC
C. 60oC
– 96oC
D. 60oC
– 70oC
E. 70oC
– 82oC
79. Di
bawah ini merupakan bagian-bagian dari tutup radiator, kecuali….
A. Pressure
valve
B. Bottom
seal
C. Pressure
valve spring
D. Vacuum
valve
E.
Jiggle
valve
80. Jika
kendaraan berjalan pelan (mendaki, lalu lintas macet di kota, dsb.) air
pendingin menjadi panas. Untuk mencegah kelebihan panas pada saat kendaraan
berjalan pelan, radiator harus dilengkapi dengan….
A. Thermostat
B. Pompa
air
C.
Kipas
D. Reservoir
E. Ventilator
81. Spesifikasi
tekanan pembukaan katup tutup radiator saat dilakukan pemeriksaan adalah….
A.
0,75
– 1,05 kg/cm2
B. 0,75
– 1,2 kg/cm2
C. 0,75
– 2,05 kg/cm2
D. 1,05
– 1,5 kg/cm2
E. 1,05
– 2,5 kg/cm2
82. Sedangkan
spesifikasi tekanan saat dilakukan pemeriksaan kebocoran radiator adalah….
A. 1,2
kg/cm2
B.
0,9
kg/cm2
C. 0,5
kg/cm2
D. 0,6
kg/cm2
E. 1,5
kg/cm2
83. Spesifikasi
kekencangan tali kipas adalah….
A. 5
– 20 mm
B. 10
– 20 mm
C. 5
– 10 mm
D. 15
– 20 mm
E.
7
- 11 mm
84. Selain
kekencangan, hal yang perlu dilakukan pemeriksaan pada tali kipas adalah….kecuali.
A. Kelonggaran
B. Retak-retak
atau tidak
C. Warna
tali kipas
D.
Merk
pabrik
E. Fleksibilitas
85. Akibat
yang ditimbulkan jika tali kipas terlalu kotor adalah….
A.
Pompa
tidak bisa bekerja dengan maksimal karena tali kipas selip
B. Pompa
tidak bisa bekerja kerena berputar cepat
C. Pompa
tidak bisa bekerja karena tali kipas terlalu berat
D. Mesin
tidak bisa mencapai temperatur kerja (terlalu dingin)
E. Tali
kipas cepat aus
86. Jika
katup thermostat membuka terlalu cepat (kurang dari spesifikasi) akan
berakibat….
A. Mesin
cepat panas
B. Mesin
cepat aus
C.
Mesin
lama/susah mencapai temperatur kerja
D. Mesin
cepat mencapai temperatur kerja
E. Mesin
mengalami over heating
87. Saat
mesin dingin aliran cairan pendingin adalah….
A.
Pompa
– water jaket – saluran by pass – pompa
B. Pompa
– radiator – water jaket – pompa
C. Pompa
– water jaket – radiator – pompa
D. Pompa
– reservoir – radiator – pompa
E. Pompa
– water jaket – reservoir – pompa
88. Saat
mesin panas aliran cairan pendingin adalah….
A. Pompa
– water jaket – saluran by pass – pompa
B. Pompa
– radiator – water jaket – pompa
C.
Pompa
– water jaket – radiator – pompa
D. Pompa
– reservoir – radiator – pompa
E. Pompa
– water jaket – reservoir – pompa
89.
Pernyataan
dibawah ini yang benar tentang API adalah ....
A.
American
Petrolium Institute, suatu lembaga yang memberikan standard untuk viskositas
dari bensin
B.
American
Premium Institute, suatu lembaga yang memberikan standard untuk viskositas dari
oli
C.
American
Petrolium Institute, suatu lembaga yang memberikan standard untuk kualitas dari
oli
D.
Australia
Petrolium Institute, suatu lembaga yang memberikan standard untuk viskositas
dari oli
E.
Australia
Petrolium Institute, suatu lembaga yang memberikan standard untuk kualitas dari
oli berupa SH/CD
90.
Pernyataan
dibawah ini yang benar adalah….
A.
SAE
30 lebih kental dari SAE 50
B.
SAE
50 lebih encer dari SAE 30
C.
SAE
50 lebih encer dari SAE 90
D.
Oli
dengan kualitas SG lebih bagus dari SH
E.
Kwalitas Oli
dengan SAE 30 sama dengan API 30
91.
Apa
yang dimaksud dengan ‘SYNTHETIC OIL’….
A.
Oli
yang terbuat dari mineral-mineral pada tumbuh-tumbuhan dan hewan
B.
Oli yang terbuat
dari mineral-mineral yang terdapat dari dalam bumi
C.
Oli
yang telah ditambahkan aditif
D.
Oli
yang dipakai pada kendaraan lama
E.
Oli
yang banyak dipakai pada kendaraan roda empat atau lebih
92.
Mengapa
pada mesin membutuhkan sistem pelumasan….
A.
Untuk
menghindari keausan pada mesin
B.
Mengurangi nilai
gesek atau koofisien gesek komponen mesin
C.
Untuk
menambah akselerasi pada kendaraan
D.
Untuk
mempertahankan temperature kerja mesin
E.
Agar
mesin dapat berputar dalam waktu yang lama
93.
Campuran
udara bahan bakar dan uap oli mengalir ke udara bebas sehingga dapat mengurangi
polusi adalah fungsi dari ...
A.
Saringan
oli
B.
Saluran
bypass
C.
Saringan oli
D.
Exhause
manifold
E.
Katup
PVC
94.
Aliran
minyak pelumas pelumasan pada mesin adalah ....
A.
Carter – filter
– pompa – saluran pelumasan – komponen yang dilumasi – carter
B.
Carter
– filter (strainer) – pompa – filter – saluran pelumasan – komponen yang
dilumasi – carter
C.
Carter
– pompa – saluran pelumasan – komponen yang dilumasi – filter – carter
D.
Carter
– pompa – saringan – saluran – komponen – filter – carter
E.
Carter
– pompa – Saringan – katup bypass – komponen – carter
95.
Apa
yang menyebabkan lampu indicator oli pada instrument menyala pada saat
idle dan mati pada saat di gas ….
A.
Karena adanya
kekurangan oli pada sistem pelumasan
B.
Karena
pompa pada minyak pelumasan ada masalah
C.
Karena
temperature mesin masih dingin
D.
Karena
viskositas oli sudah encer
E.
Karena
lampu indicator oli sudah rusak
96.
Macam-macam
pelumasan pada mesin adalah ...
A.
Sistem
percik (splash system) dan sistem celup
B.
Sistem
aliran dan berat jenis
C.
Sistem percik
dan sistem tekanan
D.
Sistem
penguapan dan tekanan
E.
Sistem
tekan
97.
Tekanan
oli pada sistem pelumasan mesin pada umumnya adalah ......
A.
2,0 s/d 5
bar
B.
7
s/d 9 bar
C.
5
s/d 7 bar
D.
9
s/d 12 bar
E.
6
s/d 7 bar
98.
Apakah
yang menyebabkan oli berwarna putih ….
A.
Oli
bercampur bensin dan penyebabnya ring piston aus
B.
Oli bercampur
air hal ini disebabkab karena terjadi kerusakan pada paking silinder head
C.
Oli
bercampur air hal ini disebabkan karena terjadi keausan pada ring piston
D.
Oli
bercampur kotoran dari mesin
E.
Oli
sudah terlalu lama tiddak diganti
99.
Oli
mesin bisa bertambah banyak sementara warna normal, padahal jumlah oli mesin tidak
ditambah. Apa kira-kira penyebabnya ….
A.
Oli
pada mesin bercampur dengan bahan bakar
B.
Oli
pada mesin bercampur dengan air
C.
Oli
pada mesin bercampur dengan kotoran diakibatkan seal oli bocor
D.
Oli
tidak mengalir karena saringan kotor
E.
Oli bercampur
kotoran dari proses pembakaran mesin
100. Apa fungsi dari
oil cooler pada sistem pelumasan ....
A.
Sebagai
pendingin oli transmisi
B.
Untuk
menghindari kekurangan oli pada sistem pelumasan
C.
Untuk
mencegah terjadinya aus pada crankshaft
D.
Tempat
pemisahan oli dengan air pendingin
E.
Membantu
mendinginkan oli mesin dengan bantuan udara luar
Posting Komentar untuk "100 Soal PMKR Kelas XI dan Jawabannya "