Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bugatti meluncurkan W16 Mistral pada ajang Monterey Car Week yang menjadi Bugatti terakhir dengan mesin W16

 

Mesin W16 8.000 cc 4 turbo yang menjadi ciri khas Bugatti modern pasca akuisisi Volkswagen akan segera berakhir dengan Bugatti meluncurkan W16 Mistral pada ajang Monterey Car Week yang menjadi Bugatti terakhir dengan mesin W16 yang pertama kali muncul pada Veyron hampir 17 tahun yang lalu.

Mesin W16 8.000 cc 4 turbo yang menjadi ciri khas Bugatti modern pasca akuisisi Volkswagen akan segera berakhir dengan Bugatti meluncurkan W16 Mistral pada ajang Monterey Car Week yang menjadi Bugatti terakhir dengan mesin W16 yang pertama kali muncul pada Veyron hampir 17 tahun yang lalu. 

Mobil yang dinamakan dari angin yang muncul pada lembah sungai Rhone di Perancis Selatan ini mendapatkan body roadster baru yang terinspirasi dari Type 57 Roadster Grand Raid yang  muncul pada tahun 1934. Tercatat Mistral menjadi Bugatti tanpa atap pertama sejak Veyron Grand Sport Vitesse pada tahun 2015 lalu dan menjadi Bugatti tanpa atap pertama yang menggunakan basis Chiron. 

Mesin W16 8.000 cc 4 turbo yang menjadi ciri khas Bugatti modern pasca akuisisi Volkswagen akan segera berakhir dengan Bugatti meluncurkan W16 Mistral pada ajang Monterey Car Week yang menjadi Bugatti terakhir dengan mesin W16 yang pertama kali muncul pada Veyron hampir 17 tahun yang lalu.

Secara desain, kaca depan V shaped dan dua air roof scope pada bagian atas terinspirasi dari Type 57 Roadster Grand Raid. Sementara bagian depan mengingatkan kita akan model terbatas Bugatti lain seperti Divo dan La Voiture Noire terutama pada bagian lampu serta desain grille tapal kuda khas Bugatti. 

Mesin W16 8.000 cc 4 turbo yang menjadi ciri khas Bugatti modern pasca akuisisi Volkswagen akan segera berakhir dengan Bugatti meluncurkan W16 Mistral pada ajang Monterey Car Week yang menjadi Bugatti terakhir dengan mesin W16 yang pertama kali muncul pada Veyron hampir 17 tahun yang lalu.

Sementara pada bagian samping terdapat air intake yang garisnya menyatu dengan desain lampu depan sehingga membentuk garis C yang pertama kali diperkenalkan pada Chiron. Sementara lampu belakang LED berbentuk X terinspirasi dari Bolide dengan bagian samping lampu menjadi air intake tambahan untuk mesin. 

Untuk menghindari cahaya atau hujan saat parkir, terdapat atap kanvas yang sayangnya tidak bisa digunakan saat mobil berjalan. Pemilihan warna Mistral yaitu two tone kuning dan hitam mengikuti warna Type 57 Roadster Grand Raid. Selain itu pendiri Bugatti, Ettore Bugatti diketahui juga menggemari kombinasi warna ini dan menggunakannya pada mobil pribadi miliknya termasuk Type 41 Royale. 

Mesin W16 8.000 cc 4 turbo yang menjadi ciri khas Bugatti modern pasca akuisisi Volkswagen akan segera berakhir dengan Bugatti meluncurkan W16 Mistral pada ajang Monterey Car Week yang menjadi Bugatti terakhir dengan mesin W16 yang pertama kali muncul pada Veyron hampir 17 tahun yang lalu.

Untuk interior Mistral masih sama dengan Chiron namun terdapat beberapa perubahan seperti door trim yang kini menggunakan kulit woven. Shift knob Mistral juga dibuat dari blok aluminium yang dipotong lengkap dengan aksen kayu dan amber pada bagian tengah yang memperlihatkan logo dancing elephant, maskot grille pada Type 41 Royale yang didesain Rembrandt Bugatti, saudara Ettore yang merupakan pemahat dan pelukis di jamannya.

Mesin W16 8.000 cc 4 turbo yang menjadi ciri khas Bugatti modern pasca akuisisi Volkswagen akan segera berakhir dengan Bugatti meluncurkan W16 Mistral pada ajang Monterey Car Week yang menjadi Bugatti terakhir dengan mesin W16 yang pertama kali muncul pada Veyron hampir 17 tahun yang lalu.

Mesin yang digunakan Mistral diambil dari Chiron Sport 300+ sehingga mampu menghasilkan tenaga 1.578 hp dan torsi 1.600 Nm. Bugatti menyebut Mistral sebagai convertible tercepat di dunia dengan klaim hingga 420 km/jam mengalahkan rekor sebelumnya yaitu Hennessey Venom GT Spyder yang mencatatkan 413 km/jam. Meski begitu, Bugatti menyebut tidak ada rencana melakukan pemecahan rekor. 

Mesin W16 8.000 cc 4 turbo yang menjadi ciri khas Bugatti modern pasca akuisisi Volkswagen akan segera berakhir dengan Bugatti meluncurkan W16 Mistral pada ajang Monterey Car Week yang menjadi Bugatti terakhir dengan mesin W16 yang pertama kali muncul pada Veyron hampir 17 tahun yang lalu.

Mesin W16 8.000 cc 4 turbo yang menjadi ciri khas Bugatti modern pasca akuisisi Volkswagen akan segera berakhir dengan Bugatti meluncurkan W16 Mistral pada ajang Monterey Car Week yang menjadi Bugatti terakhir dengan mesin W16 yang pertama kali muncul pada Veyron hampir 17 tahun yang lalu.

Bugatti menyebut hanya akan membuat 99 unit Mistral dan sayangnya semua kuota produksi sudah habis sebelum peluncuran mobil. Dikabarkan Mistral memiliki harga hingga 5 juta Euro atau setara dengan atau setara dengan Rp 74,4 miliar dengan unit pertama diserahkan pada tahun 2024. 

Photo credit: Bugatti

Source : Ifan Ramadhana

Posting Komentar untuk "Bugatti meluncurkan W16 Mistral pada ajang Monterey Car Week yang menjadi Bugatti terakhir dengan mesin W16"