Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lancia meluncurkan restomod Delta Integrale, seperti apa penampakannya?

 

Tercatat Maturo Competition Cars merupakan spesialis Delta Integrale yang telah merestorasi dan memodifikasi Delta Integrale. Kini Maturo menuangkan pengalaman ini untuk membuat Maturo Stradale  yang bisa melaju secepat versi rally Group A tetapi dengan reliabilitas modern serta interior yang nyaman.

Meski saat ini brand Lancia tengah mati suri dengan hanya menjual satu model di Italia. Brand asal Italia ini tetap dikenal dan cukup legendaris terutama karena prestasinya di dunia rally dengan Delta Integrale yang kemudian menjadi ikon Sega Rally serta dokumenter Top Gear. Kini sebuah perusahaan dari Belanda meluncurkan restomod Delta Integrale. 

Tercatat Maturo Competition Cars merupakan spesialis Delta Integrale yang telah merestorasi dan memodifikasi Delta Integrale. Kini Maturo menuangkan pengalaman ini untuk membuat Maturo Stradale  yang bisa melaju secepat versi rally Group A tetapi dengan reliabilitas modern serta interior yang nyaman. 

Tercatat Maturo Competition Cars merupakan spesialis Delta Integrale yang telah merestorasi dan memodifikasi Delta Integrale. Kini Maturo menuangkan pengalaman ini untuk membuat Maturo Stradale  yang bisa melaju secepat versi rally Group A tetapi dengan reliabilitas modern serta interior yang nyaman.

Maturo menggunakan basis Delta Integrale HF 16v yang kemudian dipreteli hingga habis, kemudian chassis diperbaiki, diperkuat dengan pengelasan tambahan di 250 titik plus roll cage serta diberikan primer khusus dan dicat luar dalam. 

Kemudian panel body asli diganti dengan bahan serat karbon yang lebih ringan 50 kg dari aslinya. Menyumbang penghematan berat hingga 140 kg dibanding Integrale standar menjadi 1.190 kg saja. Secara eksterior perubahan terlihat pada sayap belakang dan front diffuser dengan desain berbeda. 

Tercatat Maturo Competition Cars merupakan spesialis Delta Integrale yang telah merestorasi dan memodifikasi Delta Integrale. Kini Maturo menuangkan pengalaman ini untuk membuat Maturo Stradale  yang bisa melaju secepat versi rally Group A tetapi dengan reliabilitas modern serta interior yang nyaman.

Tercatat Maturo Competition Cars merupakan spesialis Delta Integrale yang telah merestorasi dan memodifikasi Delta Integrale. Kini Maturo menuangkan pengalaman ini untuk membuat Maturo Stradale  yang bisa melaju secepat versi rally Group A tetapi dengan reliabilitas modern serta interior yang nyaman.

Tercatat Maturo Competition Cars merupakan spesialis Delta Integrale yang telah merestorasi dan memodifikasi Delta Integrale. Kini Maturo menuangkan pengalaman ini untuk membuat Maturo Stradale  yang bisa melaju secepat versi rally Group A tetapi dengan reliabilitas modern serta interior yang nyaman.

Masuk ke dalam, interior Maturo Stradale masih menggunakan desain seperti aslinya namun telah diubah total. Sebut saja dashboard yang terinspirasi dari versi balap Group A termasuk dashboard. Door trim asli juga telah diganti dengan bahan serat karbon. Bahan yang sama juga digunakan untuk jok model bucket buatan Sparco. 

Tercatat Maturo Competition Cars merupakan spesialis Delta Integrale yang telah merestorasi dan memodifikasi Delta Integrale. Kini Maturo menuangkan pengalaman ini untuk membuat Maturo Stradale  yang bisa melaju secepat versi rally Group A tetapi dengan reliabilitas modern serta interior yang nyaman.

Pembeli bisa memilih berbagai macam bahan mulai dari kulit hingga alcantara. Trim dashboard juga bisa dipilih dari bahan aluminium atau serat karbon. Setir, shift knob dan handbrake ikut diganti dengan bahan aluminium. Terakhir pemilik bisa mempertahankan jok belakang atau dikosongkan. 

Tercatat Maturo Competition Cars merupakan spesialis Delta Integrale yang telah merestorasi dan memodifikasi Delta Integrale. Kini Maturo menuangkan pengalaman ini untuk membuat Maturo Stradale  yang bisa melaju secepat versi rally Group A tetapi dengan reliabilitas modern serta interior yang nyaman.

Tercatat Maturo Competition Cars merupakan spesialis Delta Integrale yang telah merestorasi dan memodifikasi Delta Integrale. Kini Maturo menuangkan pengalaman ini untuk membuat Maturo Stradale  yang bisa melaju secepat versi rally Group A tetapi dengan reliabilitas modern serta interior yang nyaman.

Dapur pacu Maturo Stradale tetap menggunakan mesin 4 silinder 2.000 cc turbo tetapi telah dibangun ulang dengan komponen baru seperti kepala silinder, piston, camshaft, connecting rod, katup, injektor, intercooler dan turbo serta sistem ECU buatan Maturo sendiri. Hasilnya tenaga mesin naik menjadi 360 hp dan torsi 500 Nm. 

Transmisi tetap mengandalkan manual 5 percepatan yang telah dibangun ulang sehingga meningkatkan reliabilitas dan dimodifikasi untuk bisa mengantisipasi kenaikan tenaga. Selain itu pembeli juga bisa memilih transmisi 5 percepatan model dogleg ala mobil balap. 

Selanjutnya kaki-kaki juga dirombak total dengan penambahan limited slip differential di kedua roda dan penggantian driveshaft dengan bahan serat karbon seperti yang digunakan pada mobil Formula 1. Suspensi menggunakan shockbreaker adjustable 4 way buatan Intrax yang dipasang khusus, Maturo juga menyediakan opsi hydraulic yang mampu mengatur tinggi mobil. 

Terakhir pengereman menggunakan cakram berdiameter 330 mm di depan dan 282 mm di belakang yang merupakan spesifikasi balap FIA, menariknya Maturo juga memasang rem tangan hidraulis serta tidak menambahkan alat bantu pengereman agar pengemudi bisa merasakan mobil. 

Hasilnya sendiri membuat bekas pembalap Delta Integrale di WRC Juha Kankunnen menyebut bahwa Maturo Stradale mampu menghasilkan performa lebih baik dari mobil balap yang dia pernah pakai namun lebih nyaman dan memiliki reliabilitas yang lebih baik. Tercatat Maturo hanya akan membuat 10 Stradale dengan pengetesan akhir diujung tahun 2022. Sayangnya Maturo tidak menyebut berapa harga Stradale.

Photo credit: Maturo Competition Cars

Source : Ifan Ramadhana

Posting Komentar untuk "Lancia meluncurkan restomod Delta Integrale, seperti apa penampakannya?"